Mengatasi cacar air dan bekas cacar dengan obat tradisional

Untuk menghindari pertanyaan berulang, cek selalu jenis dan nama produk herbal yang tepat untuk jenis penyakit Anda, di halaman ini.

Memenuhi permintaan penggemar halaman Trend Keluarga Sehat Indonesia di facebook.com, berikut ini diturunkan tulisan mengenai cacar air dari tulisan berjudul Mengatasi Cacar Air Secara Alamiah oleh  Prof  HM Hembing Wijayakusuma. Sedangkan untuk tips menghilangkan bekas cacar air bersumber dari arsip MAILING LIST DOKTER INDONESIA.

Hampir setiap orang pernah mengalami cacar air. Penyakit ini memang tidak pandang bulu, sebab dapat menyerang semua ras, segala umur, laki-laki atau perempuan, baik di daerah perkotaan maupun di pedesaan. Orang kulit putih, hitam dan coklat dapat terkena. Anak-anak, remaja, orang dewasa, semuanya dapat terkena cacar air.

Namun, pada umumnya penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak usia 2-8 tahun. Cacar air bawaan (kongenital) dapat terjadi pada bayi dalam kandungan ibu yang terserang cacar air. Infeksi cacar air pada bayi yang baru lahir dari seorang ibu yang sehat, jarang terjadi.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus herpes varicella-zoster dan merupakan penyakit menular. Penularannya dapat melalui kontak langsung dan kontak tidak langsung. Kontak langsung dapat terjadi melalui cairan pernafasan dan kontak langsung dengan kulit penderita. Ruam pada kulit yang mulai merekah dan pecah sangat menular.

Kontak tidak langsung terjadi melalui udara. Menghirup udara yang mengandung kuman virus herpes varicella-zoster dapat menyebabkan seseorang terserang cacar air.

Cacar air dapat membahayakan dan menimbulkan kematian pada penderita kanker dan orang yang mengalami defisiensi sistem imun (penurunan fungsi sistem imunitas/kekebalan tubuh). Turunnya fungsi sistem imunitas tubuh tersebut menyebabkan tubuh tidak mempunyai kekebalan dan sistem ketahanan untuk melawan serangan virus penyebab cacar, sehingga kondisi penderita melemah yang pada akhirnya dapat mengakibatkan sesuatu yang fatal.

Pada anak yang diberi beberapa jenis obat yang berefek pada menurunnya sistem imunitas tubuh, cacar dapat menyebabkan kematian, sebab tubuh tidak mempunyai sistem pertahanan untuk menghancurkan virus penyebab cacar. Penyakit ini juga membahayakan seorang ibu dan bayi yang dikandungnya.

Gejala-gejala cacar air adalah:

* Munculnya ruam-ruam di kulit
Cacar air ditandai dengan bintik-bintik merah berupa gelembung berisi gelembung cairan bening yang muncul setelah 24 jam terinfeksi virus herpes varicella-zoster. Bintik-bintik merah yang muncul di kulit penderita disebut dengan ruam. Ruam tersebut biasanya menimbulkan rasa gatal. Bekas ruam yang ditimbulkan itu pada umumnya akan hilang, tetapi ruam yang terkena infeksi dan merusak lapisan kulit biasanya membekas di kulit. Ruam yang terinfeksi akan bernanah. Lalu akan timbul lepuh kemerahan di punggung dan kepala, yang mudah pecah. Pecahnya ruam, menyebabkan cairan keluar dan terbentuklah keropeng. Ruam menyebar ke muka dan jarang ke tungkai dan lengan. Lepuh akan berlanjut 3-4 hari.

Kadang-kadang dijumpai ulkus (luka) pada membran mukosa mulut, alat genital dan mata. Gatalnya ruam menyebabkan penderita menggaruknya yang menyebabkan infeksi, keropeng dan menimbulkan infeksi baru.
* Demam, kepala terasa agak sakit dan tidak enak badan
* Suhu badan meningkat
* Nafsu makan menghilang
* Dalam kondisi parah, ruam-ruam dapat muncul di wajah dan anggota gerak, tangan, lengan, kaki dan lain-lain.

Tips untuk mencegah cacar air, antara lain:

* Menjaga kebersihan badan, pakaian dan lingkungan.
Pakaian dan lingkungan kotor merupakan sumber dari penyakit. Badan yang kotor akan mudah terinfeksi oleh kuman penyakit.
* Mengkonsumsi makanan bergizi
Makanan bergizi membuat tubuh sehat dan berstamina kuat sehingga dapat menangkal serangan infeksi kuman penyakit
* Menghindari sumber penularan penyakit cacar air
* Imunisasi vaksin cacar air

Perawatan terhadap penderita cacar air:

  • Mengganti baju penderita setiap hari
  • Menaburkan bedak antigatal pada bagian tubuh yang terkena cacar air untuk mengurangi rasa gatal dan agar ruam menjadi lebih cepat kering.
  • Memisahkan penderita dengan orang yang sehat agar cacar air tidak menular pada yang lain.
  • Mandi dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan obat antigatal setiap hari.
  • Memotong kuku agar tidak menggaruk ruam-ruam pada kulit, sehingga tidak timbul infeksi baru.
  • Memberikan kondisi nyaman pada penderita agar dapat beristirahat dengan nyaman dan mempercepat proses kesembuhan

Kombinasi beberapa tanaman berkhasiat obat dapat diramu menjadi obat tradisional yang dapat mengatasi cacar air. Berikut ini adalah ramuan obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi cacar air:

Pemakaian dalam :
Resep 1 :
30 gram temu lawak + 25 gram kencur + 15 gram asam jawa + 15 gram jahe, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2-3 kali sehari.

Resep 2 :
2 buah mengkudu matang dicuci dan dijus, atau diparut dan diambil airnya, lalu diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.

Pemakaian luar :
Resep 1 :
Kunyit + daging buah asam (asam kawak) masing-masing secukupnya ditumbuk halus, tambahkan minyak kelapa secukupnya, dipanaskan sebentar, setelah dingin dioleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air.

Resep 2 :
Daun asam dan kunyit masing-masing secukupnya dicuci dan dihaluskan, lalu dipakai untuk mengoles kulit yang gatal karena cacar air.

Catatan: untuk perebusan gunakan periuk tanah atau panci enamel atau panci kaca.

CARA MENGHILANGKAN BEKAS LUKA CACAR DI WAJAH

Berikut ini tanya jawab di MAILING LIST DOKTER INDONESIA:
Tanya: Dokter dan member sekalian.  Saya berumur 36 tahun dan minggu lalu baru sembuh dari cacar air yg ditularkan dari keponakan saya. Masalah saya sekarang adalah setelah sembuh dan kering cacar air tersebut meninggalkan bekas berupa noda hitam di hampir seluruh wajah saya. Saya telah ke dokter kulit karena sangat dianjurkan agar dapat mempercepat pemulihan kulit wajah agar kembali seperti semula. Oleh dokter saya diberikan sbb: 1. Sabun muka. 2. Cleanser. 3. Anti oxidan (oles). 4. Lotion B utk dipakai siang hari. 5. Anti Acne 6. Antibiotik Nichomicyn – lincomycin 500mg utk 14 hari. 7. Tablet madecassol utk 14 hari.

Lalu saya mendapat informasi dari internet bahwa pemakain jagung muda yang diparut juga dapat membantu mempercepat pemulihan kulit wajah. Apakah tidak masalah kalau saya kombinasikan antara pengobatan dari dokter kulit dan pengobatan tradisional menggunakan jagung muda?

Kira2 berapa lama pemulihan kulit muka ini berlangsung hingga menjadi kembali seperti semula mengingat noda hitam bekas cacar dimuka saya  sangat banyak dan hampir menutupi seluruh wajah karena hal ini sangat mengganggu aktifitas pekerjaan saya. Mohon informasi dari dokter dan rekan sekalian mengenai pemulihan kulit akibat cacar air ini. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas tanggapannya.

Tanggapan: Semestinya sebelum luka2 bekas cacar air tsb mengering anda sudah harus menggunakan parutan jagung muda (dipakai seperti bedak dingin); sehingga noda2 hitam tsb tidak sampe terjadi (saya pernah posting di MLDI dulu sekali, sayangnya file tsb dah gak ada); tetapi karena sudah terlanjur demikian; ya pengobatan dari dokter kulit anda diteruskan aja dengan dibantu parutan jagung muda dan mengkonsumsi jus pegagan segar (u/ mempercepat regenerasi sel pada luka2 bekas cacar tsb); agak sulit memang mencari tanaman pegagan segarnya; jadi alternatif lainnya adalah ekstrak pegagan dalam kemasan kapsul (hati2 harus ekstraknya dan bukan bubuknya lho!).

Mengenai berapa lama waktu pemulihan/penyembuhannya tiap orang kan gak  sama; saya harap saja anda cukup memiliki kesabaran dalam prosesnya (yang agak makan waktu). Semoga bisa terbantu.

Tanggapan balik: Saya mendapat info lagi dari ipar saya bahwa kacang hijau yg direndam dalam air sampai kacang hijau tsb membesar kemudian ditumbuk juga bisa mambantu  pemulihan kulit akibat cacar air dengan cara dioleskan pada wajah. (*)

Jenis dan nama produk herbal yang tepat untuk jenis penyakit Anda, silakan cek di sini.
Tagged with: , , ,
Posted in OBAT
169 comments on “Mengatasi cacar air dan bekas cacar dengan obat tradisional
  1. Tasa says:

    Hallo Dokter dan member sekalian
    saya mau tanya :
    Pada umur 8 th saya terkena yang namanya cacar air, semua yang di badan saya sama sekali tidak meninggalkan bekas tapi ada satu yang di wajah dan itu meninggalkan bekas, bekasnya coklat n lumayan dalam
    pertanyaannya apakah noda tersebut masih bisa dihilangkan dengan parutan jagung dan jus pegagan tadi mengingat bekas cacar air itu sudah sekitar 14 tahun menempel di wajah saya?
    mohon dokter dan member sekalian memberikan saran dan apabila berkenan tolong kirimkan sarannya ke email saya,,,

    terima kasih atas sarannya,,,,

    • doy says:

      aii non,kta ibu aku sih hrs pake batang pohon aren.batng’y d bkar ampe jdi debu putih kya bdak gth nah debu ntu yg d jdikn obt’y.mklm hdp d kmpung emang kya gth obt’y.yahh ntu sih cma saran.

    • Lwendi says:

      nasib saya juga sperti anda,,
      saya bingung harus cri abatnya..
      mohon sarannya cara menghilangkan bekas cacar tersebut

  2. yeni says:

    halo dokter & member sekalian…

    pada 2 th yang lalu saya terkena cacar air,cacar air itu kebanyakan ada pada wajah.
    cacar itu tidak meninggalkan bekas hitam,tapi ada 2 bekas bopeng di wajah saya dok..
    dan anehnya bekas bopeng itu menjadi sebuah benjolan kecil berwarna coklat (seperti daging tumbuh gitu,tapi tidak membesar).apakah benjolan tersebut masih bisa di hilangkan?
    mengingat umur saya yang sudah 19th,dan ramuan2 tradisional telah saya coba,seperti beras kencur yang saya gunakan sebagai masker..
    dimohon dokter & member sekalian memberikan saran,bagaimana caranya
    menghilangkan benjolan tersebut…
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih,,,

  3. dok saya ingin meminta saran, bagai mana ia cara nya agar bekas cacar di wajah saya hilang luka nya sudah sekitar 7 thn di waja saya saya suka malu and minder kalo ke luar ada tidak ia dok sesuatu yang bisa menghilangkan bekas cacar di wajah tetapi mudah dibuat sendiri ,dan berapa lama hilang nya tolong minta bantuan nya ia dok terimakasih

  4. Chrisleen says:

    Dokter…
    Sya mau nnya jga.
    Saya kena cacar air sdah 1 thun yg lalu.
    Tapi di wajah saya ada beberapa bekas cacar air.Bentuknya lubang.Lubangnya dalam banget.
    Apa ada cara untuk sembuhkan seperti normal lagi.
    Thanks…

    • anggun says:

      itu krn virusnya menggerogoti kulit mu terlalu dalam atau gak sering di congkel waktu masih ada airnya atau bergelembung

  5. shanty says:

    dok gimana ya caranya supaya luka kering cacar cpt mengelupas? kl d kelupas sendiri kan pasti membekas, trimakasih bnyk dokter

  6. edo says:

    dok mau tanya bagai mana menghilangkan bekas bopeng cacar air???

  7. dio says:

    dok mau tanya nih. saya terkena cacar air waktu berumur sekitar 8 tahun. dan cacar tsb meninggalkan bekas noda di wajah saya. bekas tsb sampai saat ini saya berusia 19 thn. tidak bisa hilang. saya berharap dokter dapat memberikan solusinya untuk problem saya tsb?

  8. rahma says:

    dokter…
    anak saya umur 7thn skrng dah 3 hari anakku cacar air, yg bnyak itu di kepala, dahi, badan. dah sy bawa kedokter dan dikasih obat sm salep Acyclovir,
    Yang sy mu tanyakan apakah salepnya itu bisa menghilangkan bekasnya atau obat apa yg bisa menghilangkan bekas cacar pada anak saya sebelum cacarnya mengering? trimakasih..

  9. Alisyem says:

    Seminggu yang lalu saya terkena cacar , yang saya ingin tanyakan dok , apakah cacar itu dapt tumbuh lagi dikemudian hari walaupun sudah pernah kena .

  10. Warda says:

    Hy.dok sy mau tnya. Sy kna cacar sekitar 2thun lalu dan cacar tersebt meningglkn bekas seprti bopeng atau berlubang muka saya.truz dibdn jg seprti ad daging tmbuh berwrna coklt,tp tdk besar.apkah bekas cacar trsbt bisa hilang.sdngkskrg usia sya 19 tahun..
    Mhn dijwb ya dok.termaksh.

  11. izur says:

    Dok saya pria usia 39 thn, sekitar 15 thn yll saya kena cacar air yg ditularkan keponakan. Saat ini meninggalkan bekas benjolan coklat (di pundak, punggung dan maaf…pantat). Ada beberapa yg kecil dan ada yg membesar dari sebesar biji jangung sampai sebesar koin Rp5 lbh-krg berdiameter 5 cm
    seperti keloid. Apa bisa dihilangkan tanpa operasi dok? terima kasih

  12. chi says:

    dokter mana sih banyak yang tanya kok ngga dijawab-jawab..

  13. chi says:

    dokter mana sih banyak yang tanya kok ngga dijawab-jawab..
    kan penasaran….

  14. echi says:

    dok,, ko ngga dijawab siih aku kan penasaran.. ada obatnya ngga?

  15. krupuk says:

    maaf ! itu parutan jagung mudanya di taro di muka apa gimana?

    • Eyik says:

      Yah diolesin di bekas luka nya lah, kan dah diterangin di atas. Masak hbis diparut didiamin trus diliatin n dipelototin aja? He5 . . . .

  16. Agit Prasetyo says:

    Permisi Dokter !!
    Saya mau nanya !!
    2 minggu yg Lalu saya baru aja kena cacar air dok ..
    Kurang lebih 10 hari saya udh normal lagi dok,, yah meskipun masih ada beberapa cacar yg baru kering ..
    Pas kering,, cacarnya baru gatal dok ??
    Sebelumnya gak pernah gatal ..

    Pertanyaan saya,, klo cacar yg udh saya garuk bakalan berbekas Lama gak dok ??

    Terus baru sembuh 5 hari yg Lalu,, eh badan saya demam Lagi dok,, dah gitu pusing juga ..

    Apakah cacarnya
    bakal keluar lagi dok ??

    Makasih dok !!

  17. dokter,bagaimana si ? cara nya supaya bekas cacar saya ini cepat hilangnya dan tidak ada bekas lagi ,,,,bekas cacar saya ini sudah hampir 4 tahun,.,,

    mohon ya dok,bantuannya ????

  18. Ifa says:

    Saya sekarang sudah berumur 16 tahun dan saya terkena cacar sejak saya balita tapi bekas cacar itu sampai sekarang kok belum hilang?? Ada saudara saya mengatakan menggunakan minxak kayu putih akan menghilangkan noda hitam bekas cacar itu, apakah itu betul dokter?

  19. shenny says:

    hampir 2 thun yang lalu saya terkana cacar, yg ingisaya tanyakan.
    bagaimana cara menghilangkan bekasnya yang menyerupai daging tumbuh??
    masih bisa hilangkah atau mungkin tidak bisa kecuali operasi??

    terimakasih

  20. ary says:

    saya mau tanya, 2 bulan yang lalu saya menderita cacar, saya sudah ke dokteruntuk berobat
    tp di tangan sama kaki saya meninggalkan bekas luka adad yangkecoklatan dan ada yang bewarna putih, tapi kebanyakan bewarna putih.
    saya mau tanya gimana cara menghilangkannya agar seperti semula.

    terima kasih

  21. anggun says:

    yah aku juga barukena cacar air kata ibu rt d rah pake jaung muda di parut aku sembh karena dikasih obat bii mahoni yg di larukan terus dimasikan ke dlm kapsul katanyapake biji mahoni gak akan ninggalin bekas tapi kalau gak di pecahin klu dipecahin ma tar juga ada bekasnya

  22. anggun says:

    akupunya ibu dokter ktanya jika di kulit membekas bekas cacar itu karena virusnya merusak kulit kita terlalu dalam

  23. INNA says:

    dok,kalo ngobatin cacar air pake minyak tawon bisa cepet sembuh gag?trus ada efek lainnya gag?

  24. coet says:

    Saya pingin tanya, anak sy tidak demam, tapi tiba2 badanya dah keluar cacar cuma agak gatal,, sy kasih antibiotik & vit C,, apakah itu berbahaya dokter,, apa yg harus diperbuat, mohon informasinya..trims

  25. Alam says:

    Dok,, sy terkena cacar pd umur 12, tp pd umur 15,, kok bekas cacar ini gag hilang2 sih,, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki… Kalo boleh, no. Aku 085696014745 hanya informasi, kalo ada yg bsa bantu.

  26. lutfatul says:

    asalamu’alaikum
    ok..saya mau tanya sy terkena cacar air pd wktu kelas 6 sd,skrang sudah 3 tahun tetapi bekanya itu masih ada bagaimana menghilangkany

  27. ade says:

    dok semalam saya terkenar cacar air masih bisa kah memakai pengobatan yg dokter anjurkan

    balas ke E-mail saya dok

  28. ana says:

    dok,saya ingin bertanya
    2 minggu yang lalu saya terkena cacar air
    skrg saya sdh bisa beraktifitas lagi….
    tapi cacar meninggalkan bekas noda hitampada wajah dan tubuh saya,
    langkah apa yg hrs saya lakukan utuk menghilangkannya,,,
    tolong diberi tips utuk membuat ramuan tradisionalyang bisa dibuat sendiri di rumah untuk menghilangkannya.mkash

  29. almo says:

    dok saya mau tanya nih tentang penggunaan jaguung muda yand di parut sebaiknya digunakan berapa kali dalam satu hari … terimakasih

  30. Dwie says:

    Dok ,
    Saya mau tanya,!
    Saya kena cacar air sudah setaun lebih ,
    Sekarang saya 18 th,Tapi bekas cacarnya masih ada di tubuh saya, terutama di wajah saya ,
    Gimana dok buat cara hilangin bekas tersebut ?
    Please Minta solusinya dokter!! D’email,
    Makasih. .

  31. agus says:

    dok,ko saya udah 2thun,tpi ko kulit yg bekas trkena herpes,mem baal.dan meninggalkn bekasnya,sprti hitam2

  32. Syahriani says:

    Dokter
    saat ini sedah kena cacar air tp sdah kring dokter truz gmana crax menghiulankan bekas cacar itu dok,,,dan apakah parutan jagung muda itu di oleskan kje wajah sebelum bekasx yg berwarna hitam itu terkelupas dokter???

  33. Arfandi says:

    halo dokter…
    mau tanya mengenai cacar ini dok, baru2 ini sy diagnosa thypoid dan syukur udah agak baikan, tp kok kalau tubuh sy ditekan cukup lama akan mninggalkan bekas merah yg sangat pd kulit, kata org sy itu trjangkit pnyakit cacar tp cacarnya di dalam tubuh dan memang sih sy merasa badan agak panas, kpala agak sakit dan menggigil. Jadi kalau emang iya… sy dengan sangat memohon prtolongan dokter agar kiranya memberi jawaban yg pasti, tips utk mengobati dan mengantisipasi. Dan kalau bisa tolong diberi tahu apa yg harus sy tahu seputar cacar dalam ini dok. Walaupun secara tulisan atas bantuannya sy ucapkan terima kasih banyak.

  34. paulus says:

    anak saya menderita cacar tapi kok kering ya tak ada airnya cacar apa ini ya ? dan bagaimana penanggulangan nya?

  35. liena says:

    dok saya mau nanya,anak saya brumur 9 bulan jalan 10 bln.mohon kenali jenis penyakit ini dan apa obatnya.
    awal mula dia sakit batuk,pilek dan ga bisa eek dan di pantatnya seperti bisul pecah yang menyebabkan merah ,mengelupas himgga anak saya kesakitan.qta bawa ke rumah sakit dan konsultasi ke dokter anak dan diberikan obat beserta anti biotiknya,yang terjadi malah badan panas,batuk dan pilek makin parah badannya bintik2 merah dan bisul yang berisi cairan putih di pantatnya makin melebar.

    ini jenis penyakit apa ya dok? dan apa obatnya? apakah tampek yang disertai cacar air? bagaimana cara menyembuhkannya?

    thank’s

    lina

  36. michael says:

    DOK….

    gua kan knak cacar…
    tpi udh smbuh dok..

    bekasnya di wajah bnyk amat mlah ada 2 ygberlubang dalam gmana cara ilanginnya……

  37. Yuyun says:

    Dok, mau tanya nih. Saya wanita usia 25 tahun. Saya terkena cacar air pada desember tahun 2010 di seluruh tubuh saya. Tapi sampai sekarang yang di bagian perut, dada & punggung menghilangkan bekas noda coklat bahkan ada yang hitam. Bagaimana cara menghilangkannya ya dok? Saya sangat stres karena ini. Atas balasannya saya ucapkan terima kasih.

  38. Vyrha says:

    saia vyrha umur 18 thn menderita cacar air di blan januari 2011 lalu.. hingga sampai saat sekarnag bekas luka cacar air tersebut blum juga hilang… namun sudah mengecil.. sekiranya apa kah bekas luka tersebut akan hilang tanpa noda hitam lagi…

    dan apakah obat yabg cocok buat menghilang kan bekas luka ini…?? apakah setelah hilang nya bekas luka tersebut,dengan beberapa waktu akan tampak lagi???

  39. daud says:

    dok kok cacar air terasa gatal dan tidak boleh terkena air hujan ???

  40. ari says:

    saya kena cacar air,sudah kering tapi menghilagkan bekasnya dimana caranya,tapi suka agak gatel.

  41. rya says:

    DOKTER… intinya:
    1. bagaimana cara menghilangkan bekas cacar yang menghitam/coklat/ ataupun berwarna putih
    2. adakah obat kimia ataupun herbal yang benar” dengan cepat meng hilangkan bekas ca”r di wajah dan di seluruh badan.
    3. jika memang harus ke dokter kulit, apakah antisipasi yang harus diperhatikan, karna takutnya malah salah.
    karna kasus saya pun sama seperti rekan” di atas. mohon bantuannya dok…:D
    terima kasih.

  42. jauhar nabil says:

    saya minta obat cacar.

  43. novy says:

    dokter,,,,
    saya berumur 17 th saya memiliki bekas luka cacar yg sangat besar di wajah saya seperti lubang.
    tapi sy mengalami sakit cacar air sudah 9 th yg lalu.
    sy ingin menghlangkan bekas itu tapi bagaimana caranya dok?

  44. Rifky says:

    Dok..
    Aku punya bekas luka cacar di wajah.. Tapi hingga sekarang luka itupun tak kunjung menghilang..
    baGaimana cara menghilang bekas cacar itu dok?? Tolong solusinya dok.. Terimakasih

  45. silfi says:

    bagaimana cara ngilangin bekas cacar dengan cepat ???
    saya butuh informasi ini ??

    yg tau
    tolong hubungi saya
    083845125460

    • pandega says:

      obat tradisional, pake jagung manis muda lalu parut dan lulurkan ke suluruh tubuh teruatam yang terdapat bekas luka cacar. Tunggu hingga kering sehingga terlihat seperti bedak putih yang menempel. diamkan beberapa saat dan bersihkan. lakukan secara rutin terutama saat malam menjelang tidur. semoga lekas sembuh

  46. henry says:

    dok kebetulan saya sedang terserang cacar air dan ada yg menyebar hingga area wajah saya..

    yg saya mau tanyakan apakah boleh pemberian parutan jagung muda pada saat bintik cacar tersebut blum pecah atau masih ada cairan bening didalamnya…

  47. fandi says:

    dok pertanyaan saya hampir sama dengan orang orang yang bertanya di atas, tapi kok gak ada balasannya?? plis dong… berilah kami jawaban dan solusinya dok….

  48. Bernadetta says:

    Pagi Dok….
    Dok seminggu yang lalu saya terkena cacar air, tetapi kondisi saya sedang hamil sekitar 5 jalan ke 6 bulan.

    Yang ingin saya tanyakan
    1. Apakah anak yang saya kandung nantinya dapat menderita cacar air bawaan??
    2. Apa efek terburuk bagi janin yang saya kandung nantinya??
    Kondisi di perut dan di pusaar ada noda hitam bekas jerawat … dan sampai sekarang belum hilang,
    Mohon dok untuk balasan dapat diemail ke alamat email saya
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih

  49. awie says:

    dok…saya mau tanya..dulu waktu saya masih SD kelas 3 saya terkena cacar… yang ingin saya tanyakan bagaimana menghilangkan bekas cacar yang menonjol tersebut?? apakah masih bisa dihilangkan karna sudah lama sekarang saya sudah SMA? apakah ada obatnya?? apa nama obatnya? apakah harus dioprasi?? trimakasih

  50. luvi says:

    dokter,, seperti pertanyaan beberapa orang diatas. saya juga memiliki bekas cacar air diwajah, Bentuknya lubang dan itu sudah lama, mungkin sekitar 5 tahunan, sekarang usia saya 17th. apa itu masih bisa dihilangkan?? kalau bisa, bagaimana caranya. tolong kasih solusi lewat e-mail saya ya dok…

    trima kasih banyak.

  51. merza says:

    dok, i kna ccar air 7 bln yg lalu..
    tpi smpe skrg koc blum hlnk y bkas2 nya dok..
    pa lge dpunggunk i bnyk bnget ne..
    mhon slusi nya y dok..

  52. dede says:

    dok obat apa sh yg pnlg cpt untk menghlngkan bekas ccr air

  53. nishrina says:

    dok , dulu saya berumur 5 tahun terkena cacar . dan bekas bekasnya masih menempel di wajah . terutama yang paling besar hampir sebesar semut merah , terletak di dekat mata . itu membuatku ga pd .
    tolong kasih saran lewat email saya ya dok .?
    ditunggu sarannya

  54. nisa says:

    dokter, 8bulan yang lalu saya kena cacar air,bekasnya ada 2 lubang d wajah saya, soalnya wktu it saya pcahin, terus gmana ngilanginnya . Mksih dok .

  55. aghnia says:

    maaf dok..
    saat ini saya mengalami cacar karena tertular dari temen saya…
    sebentar lagi mau ada ujian akhir semester,
    saya harus mengikutiny..

    yang saya tanyakan,saya ingin cepat-cepat sembuh,dan tidak ada bekas,
    gimana caranya ya dok..?
    tolong kasih tanggapanya

  56. hendrik says:

    dok, anak saya 2th 9bln kena cacar air mulai hari jumat minggu kemarin, senin mulai panas badannya, biasanya sampai berapa hari deman dan bintil merah(ruam) baru berhenti, ada pantangan untuk makanannya? Terima kasih

  57. kamila says:

    adduuh…..gatal…gatal…banget

  58. Dok waktu saya masih smp saya ada jerawat tapi saya pecah kan jerawat itu
    di hidung saya tapi membekat dan berlobang
    pertanyaan saya bagai mana cara menghilang kan bekas bopeng di idung saya .

    tolong di jawab DOK
    mkasih .

  59. habibi says:

    dok,…
    gmn cara ngobati bekas cacar d badan…..
    trim’s

  60. paijo says:

    dokternya msh sekolah lg… pusing ilmunya gak cukup bwt jawab smua pertanyaan…. hehehe

  61. penting nihh… untuk cara menghilangkan bekas cacar… :D

  62. fiqih says:

    Dokter
    saya berumur 17 th saya memiliki bekas luka cacar yg berupa lubang di wajah
    saya kena cacar air waktu umur saya 14 tahun
    yang ingin saya tanyakan bagaimana cara menghilangkan lubang bekas bopeng tsb?
    mohon bantuannya dok.terima kasih

  63. dani says:

    dok cara cepat untuk menghilangkan cacar itu bagaimana? coz sekarang q lg kena cacar nihh?

  64. ERLIN CAROLINA says:

    gmna cara ngilangin bekas cacar yg ada pd wajah yg sudah 1 tahun lebih tpi tidak ilang..

  65. monica says:

    trima kasih yaa Dok…
    saya akan cuba saranya dan mundahanaja manjurr…..!

  66. azella says:

    dok tlg y brth sy. kmrn rabu saya trkn ccr air bgmn spy sy cpt sembuh dan sy bs skul lg dok
    tlg tlg jwbny cpt infrmsny

  67. Diie says:

    dok, saya umur 17 thn, barusan kena cacar nih kurang lebih 24jam yg lalu & saya belum ke dokter soalnya gak ada yg mau ngurusin.
    trus saya tanya saudara saya katanya kelapa muda dapat menyembuhkan cacar apakah betul demikian?

    tolong jika berkenan balas di email saya dok, trimakasih

  68. Bambang Suhendra says:

    Selamat sore Dok…..
    Anak saya umur 8 bulan, sudah 2 minggu ini terkena cacar air tapi belum juga sembuh.
    Ada teman yg kasih saran katanya kalau mandi pakai rebusan batang ciplukan, dan sudah saya coba namun tidak juga sembuh, ada juga yg bilang dikasih kunyit panggang dicampur sedikit minyak kelapa, itu juga sudah dicoba, tapi tidak ada perubahan.
    Yang saya tanyakan :
    1. Apa kira2 obat alami untuk penyakit cacar air anak saya tersebut?
    2. Apakah ada pantangan makanan untuk ibunya, sebab anak saya minum Asi?
    Mohon Dok untuk balasan dapat dikirim ke email saya
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  69. Dok kalau misalnya kita tidak dapat di sembuhkan mukanya maka harus bagaimana lagi dok

  70. Cah lanang says:

    Sudh 4 hari sy kena cacar air. Padahal sebulan lg saya mau wisuda….apa yg hrus sy lakukan spya bntik2 merah cepat kering dan tidak membekas, kira2 dlm sblan itu cacarq bisa sembuh g ????
    Plss….infonya penting banget

  71. olla ariska dewi says:

    Dok saya mau tanya,
    Intinya
    1.Penyakit cacar itu sembuhnya berapa kali yah dok?
    2.Bekasnya bisa hilang gk dok?
    3.Bahaya gk kalo saya membeli salep di apotik tapi tidak pakai resep dokter dan yang terakhir ??
    4.Apakah berbahaya dok jika penyakit cacar ada di ubun2 atau kepala?
    Dok mohon dengan amat sangat di balas kalo balas boleh dinomer saya yang 083856966342. Trimakasiih :)

  72. olla ariska dewi says:

    Do kalo penyakit cacar saya juga ada di kepala itu bahaya tidak ??
    Trus salem yang cocok itu apa yah dook ??

  73. coba dibaca-baca aja pa, pengetahuan umum :p
    hehehe

  74. dokk saya lage kena cacarr ini ..
    mau tanya obatnya supaya cepat kering itu apa ya ???
    tolong saya dokk

  75. midoen blueblood says:

    ass wr wb
    dok saya punya penyakit cacar pada kaki yg
    pertamanya tumbuh kecil tapi lama kelamaan bisa smp melebar besar
    sudah pernah saya obati tapi tidak ada hasilnya

    mohon saranya dok

  76. saya skrng mengalami itu + herpesnya

  77. setiya hardi says:

    anakku 8 tahun, kena cacar air. sebelum cacar/ruam infeksinya menyebar kuberi obat Acyclovir (menghentikan penyebaran virus) yg kubeli di apotik. Alhamdulillah manjur. kalao ada panas/demam kutambahkan Paracetamol.
    secara tradisonal bisa diberi dengan kunir+madu, dan tumbukan jagung untuk mencegah pembekakan dan mengembalikan sel kulit yang rusak.

  78. ekfanwi padang says:

    makasi ya dok sekarang ini jejak campak saya sudah hilang

  79. ekfanwi (eko fandra winata) padang says:

    dok saya mau tanya ,blh ngak ,kalau kita dapat cacar inikan hanya satu kali dalah hidup kenapa kebanyakan orang dapat cacarnya 2 kali,dan kenapa ya dok saya sejak kecil kata orang tua saya saya selalu suntik imunisasi,suntik campak,dan sebagainya kenapa ya dok tapi dapat juga apa penyebabnya ya dok…..
    makasi ya dok……….

  80. yuni says:

    dokter,,,
    umur saya 18 tahun
    sebulan yang lalu saya kena cacar,,
    sekarang cacarnya udah sembuh,,tapi bekasnya blum hilang,,dan wajah saya seperti berlubang gitu,gimana ya cara mengatasinya?

  81. hikmah amalia says:

    . cara ngilangin bekas cacar gimana cranya ya ?? sya cacar sudah 1 bulan lbih.. tpi ko blum ilang”..
    . mohon d jwab y dok..

  82. Menres says:

    dokter,,,,
    saya berumur 24 th saya memiliki bekas luka cacar yg sangat besar di wajah saya seperti lubang.
    tapi sy mengalami sakit cacar air sudah 20 th yg lalu.
    sy ingin menghlangkan bekas itu tapi bagaimana caranya dok?

  83. dok. .sya 2minggu lalu kna cacar. . . tp d wajah saya bnyak noda hitam bekas cacar. . .malah ada yg berlubang. . . sya pngn tau gmna cara ngilangin bekas cacar tsb. . .mohon kirimkan saran lewat email saya. . . trmksh

  84. rama xtc 23 says:

    .sya brumur 15 thun. . .sya pnya penyakit cacar air. . .udah 3 minggu blumz smbuh. . .¿

    .dok gmana cra nyembuhinya. . .?

  85. azizah rahayuningsih says:

    halo dokter

    pada 2 th yang lalu saya terkena cacar air, cacar airnya itu meninggalkan bekas , tetapi bekasnya itu
    menjadi sebuah benjolan kecil (seperti daging tumbuh gitu,tapi tidak membesar).apakah benjolan tersebut bisa di hilangkan?
    dimohon dokter memberikan saran,bagaimana caranya
    menghilangkan benjolan tersebut…
    terima kasih.

  86. tommy says:

    Sore Dok,,, dari mulai tanggal 05 kmr sy demam tinggi sy bawa kedokter, dokter mengatakan sy kena herpes[cacar air] skr seluruh badan dan muka bonyok smua apa yang harus saya lakukan sekarang dan esok nanti menghilangkan bekas flex2ny,,,
    mohon dok balasan saran dan petunjukny,,,
    sebelum dan sesudahny saya ucapkan trimakasih,,,

  87. heri says:

    dok,, saya umur 22 tahun, saya 2 minggu yang lalu kena cacar, sekarang tinggal bekasnya,,
    nah gimana cara ngilangin bekas yang hitam2 dan kopeng di wajah dok??
    saya tunggu jawabannya,,
    terimakasih

  88. Nank_q says:

    percuma bro keluhan kita g bakal ditanggepin….. Dasar dokter gadungan…….yang g mo rugi dia pikir klo dikasih obatnya nanti pasien dia ga ada yang dateng .

  89. ira tyar says:

    dok,saya ibu muda yang lg kena cacar sekarang, ruamnya uda da sekitar 3 hari yang lalu dan sekarang mulai tumbuh berair di tubuh saya, yg saya mau tanyakan saya kan menyusui apa boleh saya lanjutkan memberikan asi k baby saya?trus gmn caranya supaya ruam2 ini cepet segera mengering dan tidak terasa gatal soalnya saya minumi anti gatal dengan dosis yang lebih besar tetap terasa gatalnya dok?dan apa boleh di beri bedak?karena di daerah saya pernah da kasus diberi bedak anti gatal malah menyebabkan tubuh orang itu odema semua dok.dan pertanyaan terakhir dok kira-kira berapa lama perjalanan penyakit ini mulai dari timbulnya ruam kemudian berair sampe dia berubah warna hingga mjd keropeng dan kering dan akhirnya sembuh?

  90. wiwi says:

    asslkm.wr.wb. sya skrnk kna cacar dok.. lalu terkadang jika sya garuk sdkit gelembungnya itu tnpa d sngaja pecah.. saya khawatir i2 bisa mninggalkn bekas2 hitam.. kira2 sebelum berbekas.. apa obatnya dok??

  91. eva says:

    Dok aq dh 3hari kena cacar air biar cpt sembuh n tdk meninggalkan bekas gimana soluisinya?

  92. rohli maulana says:

    hy,,,kalo gw sih pake daun sirih aja,,,
    caranya : daun sirih yang masih segar itu tumbuk sampai halus,trus kita pakein ke wajh kita ya segimana pake bedak aja,,
    tapi harus rutin loh,,nih gwa juga kena cacar,,,tapi bekasnya udah ilang dalam waktu 3 minggu,,
    dengan cara ini

  93. duh…
    1 minggu lalu aku kena cacar di wajah,leher…
    pada item ke coklat-coklatan gtu..
    cara ngilanginnya gimana?

  94. Novia Robiyanti says:

    Hai aku Novia 16th . Udh 3 hri ini aku lg kena cacar air nih, glembung.ny bnyk bgd .
    Kmren udh k dkter, trus udh dksh obat’ sma salep ya aku pke trus .
    Tp aku takut luka.ny gg ilang, smentara d muka lumayan bnyk, malu dong yah klo luka.ny gg ilang .
    Msti d pakein aph yah klo ingin ilang luka.ny ? Yg tau tlong jwb yaah . Makasih ;)

  95. yorhy says:

    pagi dok, adek saya ada bercak2 putih dan berair, saya bingngung itu sebenarnya cacar bukan ?
    obat tradisional pa yg cocok untuk anak usia 12 tahun.karna dia susah minum obat dokter.terima kasih.

  96. Jung rhi na says:

    Dok…
    Saya kena cacar air waktu saya b’rumur 11thn. Dan bekas cacar air’y spt daging tumbuh dan sampai sekarang tdk hilang2, pd hal umur saya sekarang sudah 16thn. Dok… Tolong beritahu saya caranya ngilangin b’kas cacar ini. Dok…! Please

  97. hani muslikhah says:

    dokter, saya remaja berusia 22 tahun, saya belum pernah terkena cacar air dan sekarang teman sekantor kerja saya ada yg terkena cacar air. apa mngkin saya bakal ketularan juga dok???trz apakah setiap orang pastiterkena cacar air? terimakasih sblmnya dok…

  98. obatalami27 says:

    wah mantap info nya sngat keren…
    pemakaian jagung muda itu baik nya sebelum tidur apa gimana??

  99. dyan wulandari says:

    misii dok
    maaf ganggu
    stelah saya melihat prtanyaan”an dari teman” smua . pertanyaan saya juga sama seperti mereka bagaimana cara menghilangkan bekas cacar yang sudah 4 thn yang ada dimuka maupun dibadan kita? apa obatnya? dan masih bisakah noda itu hilang?

    tolong bantu saya dan teman* smuanya karna kita butuh informasi juga jwaban dri dokter , saya hrap dokter mengerti apa yang kami mau

    terima kasih dok :)

  100. Naima says:

    Dok…umur saya 16th,dh 6hr ni sy trkena cacar air.,mula2 hnya da bnjolan kecil tp lama kelamaan benjolannya jd besar,,truz ditangan sy da bintik2 merah bnyak skali,pa bntik2 itu jg akn benjol besar dok?
    kira2 smbuhnya brp hari y dok?
    Dan bgmn cara menghlangkn bkas hitam2 tu dok?,
    mkash ats jawbnnya.

  101. Cinta says:

    Waduh… dokternya kok males jawab?

  102. nur says:

    nanti saya coba obat cacar air nnya n obat penghilang luka cacar air.

  103. beghè says:

    aq merasakan betapa sakitnya kena cacar air. . . aq ingin cpt sembuh . . .

  104. Rakhmat says:

    dok, saya sekarang berumur 23 tahun
    dan sedang mengalami cacar, udah seminggu cacarnya udah menghitam
    dan gak banyak, tapi agak mengganggu di bagian wajah, sudah hitam, agak besar juga ukurannya, dan nampaknya agak mendaging, obat apa yang bisa mengembalikan kemulusan wajah akibat bekas cacar yang saya alami ini dok?
    berharap bukan operasi jalan satu-satunya. mohon dibalas dok, terima kasih

  105. Saya skrg sedang cacar, bagaimana agar bekas cacarnya itu hilang? Apa lagi yang ada di muka? Ok Trim’s

  106. ainina says:

    dok,gmnh cara perawatan agar noda bekas cacar air tdk membekas selain yang disebutkan diatas tadi..
    mohon kasih solusinya..
    makasih..

  107. Abdul jamil bassalam says:

    Sama nggak obat untuk anak dg untk orang dewasa..?

  108. dina okta pawitrasari says:

    Dok, saya ingin bertanya
    Apakah cacar air itu hanya menyerang 1x saja pada tubuh seseorang?

  109. idha aster luppeace says:

    saya jg bresiko .saya punya bekas cacar udah sembuh dok tappi bekasnya tdak bzha hilang . bgaimana dok cara mnghilangkanya .saya ingin wajah syah kenbali seperti semula. trimakasih atas perhatianya.

  110. Inne says:

    Pa sya mau nanya .hampir 6 hari ini sya terkena cacar .kata mama saya kl org skt cacar itu ga boleh mandi .tp saya baca di internet kl org skt cacar harus mandi .saya bingung mau nurutin yg mana
    mohon penjelasannya ya pa .trma ksh

  111. yeyen says:

    met sore dok…….sya yeyen,1 bulan yang lalu saya terkena cacar di seluruh tubuh saya truz berbekas di wajah dan di badan,mnta solusi nya donk dok akibat bekas cacar di wajah sya jadi ngkk pd nie kmn-kmn

  112. iea says:

    Jagung muda yg di maksud itu sama dengan keputren / putren g ? Trus bagaimana caranya ? Mks

  113. jasun says:

    gw jg sama lgi kena cacar baru baru malah ,,bru beberapa hri udah ad bopengnya huh malu malu ,,ap lgi gw gi pkl uluh uluh doktr tau kga solusinya byr ni bopeng ilang by jasun

  114. umar says:

    dok, sya brumur 30thn dan sedang mengalami cacar air dan sudh mengering jd hitam, gmn caranya biar yg bolong krn tdk sengaja terkopet kulit wjah kmbli sprti smula, trmksh

  115. tohiroh says:

    ass….
    dok saya mau ty, knp ya pdhl dulu dah k’na cacar kok skrng kna lg N d’tbuh saya jg tmbul benjolan2 pa tu gak pa” N bagai mn mnghilngkn ca2r d’kulit kpla

  116. kartika says:

    saya berusia 15 thn,udah stgh bln yg llu sy kna cacar air,dan skrg sih udh smbh,,,,
    tp yg mmbwt sayakhwtr,noda bks cacar itu loh yg g hlg” ap lg yg di bdn,bny bgt,,,
    gmn y ngilanginnya.tp pk cr yg tradisionl aja…
    yg tw jwb y mkshhh

  117. reksi puji astuti says:

    mlm dox??? Dox sy tkena caca*r air ud 4hr nie, tp knp blm kering2x!? Pdhl sy ud tratur mnum obt n mandi
    ap yg hrus sy lkukan, n bgaemana ciri2 cacar mulae smbuh. Tq

  118. iman says:

    berhubng dok.y lg gak ada jd..sa yg jawb
    Cra nyembuhin cacar air it2 dgn..bnyk2 brdoa biar cpt sembuh

  119. Skrng saya berumur 18 tahun,, 3 tahun yg lalu, sy terkena cacar air, trus cacar air tersebut meninggal kan bekas luka yg berwarna hitam, yg membuat sy tdk pede menggunakan baju lengan pendek,, yg mau sy tanya kan,, Ada kah obat yang manjur buat menghilang bekas luka tersebut???

  120. danu bima pratama says:

    dok gimana yaCh cara evektif menyembuh kn cacar dengan cepat…
    soaL nya cacar ku kali ini gak terasa gataL…
    punggung dan badan ku udah puLuhan cacar… gimana dok?

  121. suprex says:

    antara cacar air dan cacar nanah itu ganas yg mn ea dok,.?
    serta fase pnymbuhannya itu cpt yg mn,,?
    Ap bekas yg dtmbulkn jg sma atw ad bdanya,,?

  122. Dika Nurina says:

    sore Dok,
    Umur saya 14 tahun, beberapa minggu yang lalu saya terkena cacar air, cacar airnya meninggalkan bekas hitam2 dan ada juga yang berlubang di wajah.
    gimana cara menghilangkan hitam2 dan lubangnya dok?

  123. Aye says:

    Dok, klo skit cacar kira2 brp lama y?

  124. Martian says:

    Dok,q trkna ca2r sjak kecil,tp ada bekas lubang dwjah sya ckup dlam dok?gmn crany untk hlgn ny dok.saya malu ktka keluar rmh dok.lubang ny bnyak banget dok dwjah sya.q mhn minta cra untk hlgn ny.n umr saya skrg udh 19 thn dok.

  125. lewi agus says:

    anak saya usia 26bln skrng ini terkena cacar air.saya mau tanya tentang pengobatannya dan apa obatnya untuk anak usia 26bln

  126. rara says:

    Halo dok, anak saya yg berumur 3 tahun jg sdh terkena cacar dan meninggalkan banyak bekas di kakinya, gimana sich dok cara menghilangkan bekas cacarnya itu? mohon sarannya.terima kasih.

  127. syaifah lisrayanti says:

    Hallo dokter..
    Umur saya sekarang 14
    Saya mau tanya:
    Saya mempunyai masalah pada cacar di seluruh badan.
    Cacarnya itu tumbuh seperti nanah! Bagaimana cara menghilangkannya
    Dengan proses yg lumayan cepat.
    Tolong saya minta balasannya ke email saya..

  128. khairil says:

    Kalo cara mengobati bekas luka cacar yang kira kira sudah 5 hari sembuh,tapi masih banyak plek2 hitam nya dan bekas lukanya kira kira gimana ya cara nyembuhkan nya,???,Apa pake krim penghilang bekas luka bisa,Saya mohon saran nya karna bekas luka ini sangat mengganggu aktifitas saya sehari hari,Mohon saran nya ya..

  129. Umi says:

    Halo dokter. . .
    Saya umi,,umur sya 16 th,,minggu kmarin saya baru kena cacar. . .tpi noda’a ko gk ilang2. . .
    Terus kta tetangga saya suruh di olesi sama beras kencur. . .

    Bls ya dok. ,,
    trima ksh atas saranny. . .

  130. Indah says:

    dokk,,,,
    wktu saya kelas 3 sd,,,sya terkena cacar air,,,dan sekarang sya sudah kls 1 smp,,
    di muka sya ada beberapa bekas cacar air tsb,,,,
    apa dokter dan member sekalian bsa membantu saya ?????????
    mohon jawaban nya dikirim ke email saya,,,,
    terimakasihhhh

  131. Bob Bay says:

    Halo dokter dan kawan”
    Saya rio,,umur saya 16th saya sekarang sedang terkena cacar air..
    apa yang harus saya lakukan agar cepat sembuh dan tidak meninggalkan bekas luka..
    tolong bantuannya dokter dan teman”..terimakasih..

  132. taeminuna says:

    Bingung sama yg dimaksud jagung muda itu yg msh muda banget (yg suka dipakai bwt capcay) atau jagung muda yg biasa di rebus itu sih?
    Ada yg tau seperti apa? Trus saia kan kena cacarnya udh 2mingguan ini,cacarnya udh kering dan di muka ada bekas lubang gitu,bs ilang ga sih?
    Teman2 sependeritaan atau yg udh pernah aka berpengalaman tlg share pengalaman kalian tentang cacar+ hilangin bekasnya..

  133. Agung Pratama says:

    Jika bekas luka cacar itu diseluruh tubuh saya, apakah obatnya akan sama seperti obat untuk bagian wajah?

  134. tyas rahmawati says:

    dokter
    saya mau nanya caranya menghilangkan lubang bekas cacar 4 bulanan yang lalu itu gimana dok di wajah saya ada dua soalnya jadi gak PD kaya dulu kira kira ada obatnya ga dok ?

    trima kasih dok
    mohon saran dan kasih tau merek obatnya ya dok

  135. andi says:

    bentol…………….aja dahh

  136. bagaimana caranya menghilangkan bekas cacar

  137. henny says:

    dok,,sya prna mengalami ca2r air wktu SMP kls 1, tp knp smpek sya umur 20 thn bks noda hitam n lubangx blm hlang..kr2 gmn y crx bwt nyembuhinx lgi, biar lubang n noda htm d wjh sya bs hilang,,tlg bri solusix y dok . . trma ksh . .

  138. nuning says:

    kalo aku belum terkena penyakit cacar air dari kecil sampai dgn saat ini..
    krn yg aku baca penyakit cacar air itu menular, berarti semua pasti kena penyakit ini yaaa..?

  139. jinten says:

    met mlm, sng bgt rasa bs nemuin rahasia ini, n mudah2an bs berguna bg saya, n sy ucapkan byk2 m’ksh.

  140. puja evah says:

    Hay dok saya terkena cacar air umur 13 tahun. Dan bekasnya tu bolong bolong gtu cara cara mengatasinya bagaimana sampe skrg bekas cacar air tidak menhilang hilang

  141. mayah says:

    halo dokter n memaer sekalian
    Umur saya sekarang 17 tahun
    Dan sekarang saya sedang mengidap cacar air sejak 5 hari yg lalu, dan mulai parah sejak 2 hari yg lalu
    Ruam muncul d bagian kulit punggung, perut, leher, wajah dan kepala,serta d bagian mulut saya,
    Saya sudah berobat ke d0kter, disuntik dan diberi obat serta salep,
    Sekarang ap yg harus saya lakukan, selain saya menggunakan obat dari dokter?

  142. as,wr,wb. . ! To the poin za p.dok. . !! Gmn cra nglangn bkas ca2r y6 berlubang d wjah tp dah lma 2 pak dok.. . . ? Ws,wr,wb.

  143. anisha says:

    Halo dokter…..umur saya 35 th,saya mengalami cacar yang ke2 kali nya, dan breawal dari tengah pas buah dada saya ,dan menjalar seolah2 melingkari badan, apakah benar cacar yang melingkar sangat berbahaya???, mohon jawaban nya dan terimakasih sebelumnya.

  144. rara says:

    maaf mas/mba, saya baru pertama kali ini kena cacar di usia 20 tahun, saya fikir akan ada kesempatan dimana orang tidak akan ken cacar. karena mayoritas orang bilang klo setiap kepala pasti kena cacar. kebetulan sekarang aku kena, kira-kira luka cacar itu bener-bener bisa hilang ga ya? trs apa yang harus kita lakukan ketika baru sembuh? makasih bnyak

  145. anisha says:

    hallo dok, penyakit cacar saya udah sembuh ,tapi kenapa kulit bekas cacar menjadi baal dan selalu gatal,,minta saran apa obat nya untuk menghilagkan baal dan gatal ,terimakasih.

  146. dhepy says:

    aku juga 1 bulan yg lalu terkena cacar air…
    sulit sekali bekasnya hilang…
    tp aku coba pake bedak dari beras….

  147. wulan says:

    hallo dok,,
    Saya wulan, umur saya 16 th,,
    Saya terkena penyakit cacar air,,
    bagaimana cara menanganinya agar tidak menimbulkan bekas???

    Mohon dijawab ya dokk…

  148. Susi says:

    mksh..atas resep’a..
    bsa mmbantu sya untk mngrjakan krya ilmiah (tgs bhsa indonesia) :)

  149. hakimhadi says:

    dok obat herbal/ kimia buat menghilangkan bekas luka cacar air apa yah..
    karna adik saya yang berumur 6 tahun tidak mau sekolah karna ada luka cacar yang sudah 1 minggu lebih.. makasih dok tolong di bantu yah…

  150. yohan says:

    dok saya terkena cacar , bagaimana ya
    dok saya untuk menghilangkan cacar selama 4 hari
    apa kah dokter bisa bantu saya

  151. Devi Kristina says:

    Dokter, sekitar 1 minggu yg lalu saya kena cacar.. dan saya sudah sembuh.. tapi cacar di badan saya baru bentuk koreng.. nah, biar ga berbekas, gimana cara ngobatinnya dokter.. pliss bantu saya ya.. oya, member disini, kalo tau bls pesan ku ini ya.. ini penting banget.. makasih :’)

  152. iza says:

    saya berumur 11 tahun terkena cacar air tetapi sampai umur13 tahun bekas cacar saya tidak bisa hilang
    bagaimana menghilangkan bekas cacar air dengan mudah dan cepat. . .
    mohon d bls dok. .

  153. ramla says:

    dok,,,,,aku kena cacar air tpi bkkas nodanya sparuh uda hilang tpi ada tanda2 yng brlubang gitu, dok bsa di sembuhkan gak, kalaw bisa gmana caranya dok?

  154. Moran says:

    Dok pertanyaan saya hampir sama dengan teman2 smua, solusi nya gmana ya dok,
    thanks

  155. vio says:

    halo dokter..
    anak saya berumur 4thn 6bln,7hari yg lalu kata org dia terkena cacar air tp sy agak merasa aneh krn koq luka nya jd tmbh melebar ya..Apa itu beneran cacar air ya??? mpe hari ini anak sy lukanya belum ilang..daerah yg terkena di atas bibir,hidung,teliga n di bagian badan itu hny bbrp sj..awalnya tdk ada bintik2 merah,hny sj luka itu kecil n berair stlh pecah lukanya jd melebar..

    MOHON PENJELASANNYA N SOLUSINYA YA..
    TERIMA KASIH..YHBU

  156. Edgar Marchiano says:

    Salam Sejahtera/Ass.Wrwb..
    Dok mau nanya ni kan umur sy skarang sdh 18 thn dan sekitar 13 thn yg lalu sy terkena cacar..trus, bekas cacarnya berbekas di wajah sy..pertanyaan sy, gi mn ya cara minghilankan bekas cacar sy yg ada di wajah saya apalagi bekasnya sdh lama ada diwajah sy..
    mohon dok blsnya langsung ke email aku aja..
    trims..

  157. Rei says:

    selamat malam, sebelumnya saya meminta maaf apabila sudah merepotkan,
    saya ingin bertanya, 3 tahun yang lalu saya terkena cacar, dan sekarang bekasnya berbentuk seperti kawah (bolong) apakah masih ada kesempatan buat saya untuk menghilangkan bekas cacar ini? terima kasih.
    saya sangat menghargai tanggapan dari saudara.

Leave a Reply