Public Relation, Pengertian Dan Maksud

Definisi Public relations merupakan salah satu departemen di sebuah organisasi yang bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan hubungan kemasyarakatan. Public relations juga bertanggung jawab terhadap company image. PR-lah yang bertanggung jawab menjaga image dan meningkatkan kualitas image perusahaan di tengah masyarakat.

Tugas Public Relation


PR juga bertanggung jawab terhadap hubungan antardepartemen yang ada dalam organisasi. Jadi, tidak hanya ke luar, tetapi ke dalam.

PR menjembatani semua permasalahan yang terjadi antardepartemen. Oleh karena itu, orang-orang yang ada di PR haruslah orang yang senang bergaul, mampu menahan emosi, mampu memahami perasaan orang lain, mampu melihat apa yang orang lain tidak melihat atau istilah kerennya ‘visioner’, pandai mengolah kata dalam berkomunikasi, pandai menenangkan emosi orang lain, dan berpengetahuan luas.

Definisi Public Relation
Dalam menjaga dan meningkatkan kualitas imej, PR akan membuat banyak program untuk mempromosikan perusahaan ke tengah kalangan masyarakat. PR juga yang merancang program CSR (Corporate Social Responsibility).


Sedemikian rupa, orang-orang yang ada di PR membuat program yang bertujuan memperkenalkan perusahaan ke masyarakat. Namun, tidak terlalu mencolok memamerkan dan menginginkan masyarakat sangat berterima kasih kepada perusahaan. Gaya halus yang low profile dan high quality.


Orang-orang PR harus tahu tentang industrial psychology dan consumer psychology. Kedua ilmu tersebut akan membantu orang-orang PR untuk memahami gaya hidup masyarakat, keinginan industri, dan tren yang ada di tempat kerja.
Mereka harus mendapatkan banyak data tentang semua itu melalui survei, penelitian, maupun pengamatan secara intensif dan terus-menerus.

Fungsi Public Relation


Fungsi Public Relation sangatlah penting di setiap lini pengembangan perusahaan. PR harus tahu efek dari bungkus sebuah produk terhadap keinginan orang membeli produk tersebut. Apa yang akan terjadi bila bungkus tersebut berwarna kuning dan apa efeknya bila diganti dengan warna merah.


Apa efek sebuah iklan terhadap daya beli masyarakat. PR-lah tempat pertama bertanya bila sudah menyangkut hubungan kemasyarakatan dan daya saing perusahaan. PR juga menganalisis gaya pemasaran dan promosi, baik yang dilakukan oleh perusahaannya sendiri maupun perusahaan pesaing.


PR juga merancang pelatihan untuk meningkatkan motivasi kerja, kinerja kerja, maupun meningkatkan kualitas kerja karyawan. PR mempelajari cara perekrutan karyawan baru. Mereka menganalisis kepribadian para calon karyawan.


Jadi, orang-orang di PR juga harus tahu tentang ilmu psikologi dengan sangat baik. Mereka harus menggunakan metode yang sudah terbukti kehandalannya. Tidak boleh mengambil keputusan atas dasar perasaan. Semua keputusan haruslah berdasarkan peraturan yang ada dan dengan konsep yang sudah tertata dengan baik.


Dengan demikian, teori public relations sangatlah penting dikuasai agar dapat menjunjung nama baik perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *