Categories
Pengetahuan

Majas Personifikasi

Pengertian Majas personifikasi

Majas personifikasi adalah gaya bahasa yang memberikan sifat atau perilaku manusia kepada benda mati. Majas personifikasi adalah salah satu gaya bahasa, yang menciptakan perumpamaan benda mati dengan sifat menyerupai manusia.

Bisa juga berarti majas personifikasi adalah majas yang membadingkan suatu benda, seolah-olah benda tersebut mempunyai nyawa dan dapat melakukan hal² yang dilakukan oleh manusia. Contohnya: Ombak berkejaran dengan ikan. Badai mengamuk, merobohkan rumah- rumah.

Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan majas personifikasi.
  • Burung kutilang bernyayi merdu.
  • Nyiur melambai diterpa angin seolah menyampaikan salam perpisahan.
  • Sirine ambulan meraung-raung dalam kesunyian malam.
  • Debur ombak memecah karang.
  • Api berkobar melalap habis rumah-rumah di desa itu.

Apa itu majas metafora dan contohnya?

– Metafora, merupakan gaya bahasa yang digunakan sebagai kiasan yang secara eksplisit mewakili suatu maksud lain berdasarkan persamaan atau perbandingan. Contoh penggunaan majas metafora adalah pria yang sukses itu dulunya dianggap sampah masyarakat.

Contoh Kalimat Yang Mengandung Majas Personifikasi

Majas personifikasi adalah majas yang membadingkan suatu benda, seolah-olah benda tersebut mempunyai nyawa dan dapat melakukan hal² yang dilakukan oleh manusia. Contohnya: Ombak berkejaran dengan ikan. Badai mengamuk, merobohkan rumah- rumah.

Apa itu hiperbola dalam puisi?

Hiperbola adalah sejenis bahasa kias yang mengandung kata-kata, frasa, maupun kalimat yang berlebih-lebihan dalam jumlahnya, ukurannya, atau sifatnya. Majas hiperbola bermaksud memberi penekanan pada suatu pernyataan atau situasi untuk memperhebat, meningkatkan kesan dan pengaruhnya.

Apa saja majas metafora?

Majas metafora adalah gaya bahasa yang menggunakan kata pembanding untuk mewakili hal lain atau bukan yang sebenarnya mulai dari bandingan benda fisik, sifat, ide, atau perbuatan lain. Contoh klisenya adalah: “Aku ini binatang jalang”. Tentunya “Aku” bukanlah seekor binatang, namun seorang insan manusia.

Metafora termasuk majas apa?

Majas metafora merupakan salah satu majas yang termasuk dalam salah satu kategori majas perbandingan. Majas metafora ini menggambarkan perbandingan suatu objek dengan objek lainnya yang memiliki sifat sama namun dalam bentuk kiasan.

Apa itu metafora dan simile?

Majas METAFORA : Pengungkapan berupa perbandingan analogis dengan menghilangkan kata seperti layaknya, bagaikan, dan lain-lain. Majas SIMILE : Pengungkapan dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata depan dan penghubung, seperti layaknya.

Majas hiperbola termasuk majas apa?

Majas hiperbola merupakan majas yang mengandung suatu pernyataan berlebih-lebihan atau dibesar-besarkan.

Apakah pengertian dari majas?

Majas adalah gaya bahasa yang digunakan untuk membuat kalimat terutama pada karya sastra menjadi semakin hidup. Biasanya majas ditemui dalam tulisan puisi maupun prosa.

Majas apa saja yang ada di dalam puisi serenada hijau?

dalam larik puisi tersebut, terdapat majas personifikasi, yaitu bulan yang bisa menegur salam. Istilah lainnya adalah bulan mengucapkan salam. Sementara, yang bisa mengucapkan salam sebenarnya adalah manusia. Jadi, pantas bila baris puisi Serenada Hijau itu disebut sebagai majas personifikasi.

Apa yang dimaksud dengan metafora dalam puisi?

Metafora disebut sebagai gaya bahasa perbandingan langsung karena tidak mempergunakan kata-kata pembanding. Menurut Rachmat Djoko Pradopo dalam Pengkajian Puisi (1990), metafora ini bahasa kiasan seperti perbandingkan, hanya saja tidak menggunakan kata pembanding. Bahasa kiasan ini terdiri dari dua bagian.

Apa perbedaan personifikasi dan hiperbola?

hiperbola berpola sangat “berlebihan”, sedangkan personifikasi adalah majas yang digunakaaan dalam kalimat, yang seolah benda mati menjadi hidup.
Majas personifikasi adalah salah satu gaya bahasa, yang menciptakan perumpamaan benda mati dengan sifat menyerupai manusia. Contoh majas personifikasi yang sering didengar misalnya “Angin, sampaikanlah salamku padanya,”
Categories
Pengetahuan

Public Relation, Pengertian Dan Maksud

Definisi Public relations merupakan salah satu departemen di sebuah organisasi yang bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan hubungan kemasyarakatan. Public relations juga bertanggung jawab terhadap company image. PR-lah yang bertanggung jawab menjaga image dan meningkatkan kualitas image perusahaan di tengah masyarakat.

Tugas Public Relation


PR juga bertanggung jawab terhadap hubungan antardepartemen yang ada dalam organisasi. Jadi, tidak hanya ke luar, tetapi ke dalam.

PR menjembatani semua permasalahan yang terjadi antardepartemen. Oleh karena itu, orang-orang yang ada di PR haruslah orang yang senang bergaul, mampu menahan emosi, mampu memahami perasaan orang lain, mampu melihat apa yang orang lain tidak melihat atau istilah kerennya ‘visioner’, pandai mengolah kata dalam berkomunikasi, pandai menenangkan emosi orang lain, dan berpengetahuan luas.

Definisi Public Relation
Dalam menjaga dan meningkatkan kualitas imej, PR akan membuat banyak program untuk mempromosikan perusahaan ke tengah kalangan masyarakat. PR juga yang merancang program CSR (Corporate Social Responsibility).


Sedemikian rupa, orang-orang yang ada di PR membuat program yang bertujuan memperkenalkan perusahaan ke masyarakat. Namun, tidak terlalu mencolok memamerkan dan menginginkan masyarakat sangat berterima kasih kepada perusahaan. Gaya halus yang low profile dan high quality.


Orang-orang PR harus tahu tentang industrial psychology dan consumer psychology. Kedua ilmu tersebut akan membantu orang-orang PR untuk memahami gaya hidup masyarakat, keinginan industri, dan tren yang ada di tempat kerja.
Mereka harus mendapatkan banyak data tentang semua itu melalui survei, penelitian, maupun pengamatan secara intensif dan terus-menerus.

Fungsi Public Relation


Fungsi Public Relation sangatlah penting di setiap lini pengembangan perusahaan. PR harus tahu efek dari bungkus sebuah produk terhadap keinginan orang membeli produk tersebut. Apa yang akan terjadi bila bungkus tersebut berwarna kuning dan apa efeknya bila diganti dengan warna merah.


Apa efek sebuah iklan terhadap daya beli masyarakat. PR-lah tempat pertama bertanya bila sudah menyangkut hubungan kemasyarakatan dan daya saing perusahaan. PR juga menganalisis gaya pemasaran dan promosi, baik yang dilakukan oleh perusahaannya sendiri maupun perusahaan pesaing.


PR juga merancang pelatihan untuk meningkatkan motivasi kerja, kinerja kerja, maupun meningkatkan kualitas kerja karyawan. PR mempelajari cara perekrutan karyawan baru. Mereka menganalisis kepribadian para calon karyawan.


Jadi, orang-orang di PR juga harus tahu tentang ilmu psikologi dengan sangat baik. Mereka harus menggunakan metode yang sudah terbukti kehandalannya. Tidak boleh mengambil keputusan atas dasar perasaan. Semua keputusan haruslah berdasarkan peraturan yang ada dan dengan konsep yang sudah tertata dengan baik.


Dengan demikian, teori public relations sangatlah penting dikuasai agar dapat menjunjung nama baik perusahaan